Selasa, 16 Oktober 2012

Produser Film Anti-Muslim Ditahan

Orang di belakang film yang memicu protes di seluruh dunia karena mengejek Nabi Muhammad ditangkap. Ia ditahan bukan karena film itu tetapi karena melanggar masa percobaannya.

Nakoula Basseley Nakoula, 55 tahun, berada dalam masa percobaan setelah menjalani hukuman. Ia meringkuk di hotel prodeo karena terbukti melakukan penipuan pada tahun 2010 yang membawa hukuman penjara 21 bulan.
Berdasarkan ketentuan dari masa percobaannya, dia tidak diperkenankan menggunakan komputer atau internet selama lima tahun tanpa persetujuan.
Nakoula dibawa kembali ke penjara pada hari Kamis, menurut seorang juru bicara Kejaksaan AS. Sebuah sidang Pengadilan Distrik di Los Angeles dijadwalkan untuk menggelar kasus Nakoula segera.
Protes menyeruak di seluruh penjuru saat trailer filmnya yang berdurasi 14 menit muncul di Youtube. Dalam film itu, ia menggambarkan Muhammad sebagai seorang penipu, playboy, dan penganiaya anak.
Trailer telah diposting ke YouTube pada bulan Juli, tapi aksi protes meluas pada September. 
 
Nakoula, seorang penganut Kristen Koptik yang berasal dari Mesir, bersembunyi setelah ia diidentifikasi sebagai orang di belakang trailer itu. Kisah lengkap tentang Nakoula dan film ini masih sangat tidak jelas.
Film ini dibuat tahun lalu oleh seorang pria yang menyebut dirinya Sam Bacile. Setelah kekerasan meletus, seorang pria yang mengidentifikasi dirinya sebagai Bacile menyatakan film ini dimaksudkan untuk menggambarkan kebenaran tentang Muhammad dan Islam, yang ia sebut kanker.
Keesokan harinya, terungkap bahwa 'Bacile' sebenarnya Nakoula, mantan pemilik pom bensin yang pernah berurusan dengan aparat kepolisian untuk kasus narkoba dan penipuan.
Sebelum pergi bersembunyi, Nakoula mengakui bahwa ia terlibat dengan film, namun mengatakan ia hanya bekerja pada logistik dan manajemen. Steve Klein, seorang agen asuransi yang dikenal sebagai penentang Islam, mengatakan ia adalah seorang konsultan dan promotor untuk film

0 komentar:

Posting Komentar